Manifold atau header adalah bagian ini adalah bagian yang
menempel pada silinder head. Tugas utamanya adalah mengoptimasi kecepatan
aliran gas buang. Semakin lancer dan cepat, maka kemungkinan peningkatan tenaga
dan performa makin besar. Karena itulah para engine tuner memasukan header
custom sebagai salah satu syarat utama agar performa mesin bias naik.
Masing-masing jalur pipa di-design sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara
secara smooth dan lancar agar mengurangi penahanan flow. Diameter pipa juga bias
disesuaikan dengan karakter dan kapasitas mesin yang diinginkan. Prinsipnya,
setiap pipa manifold harus mempunyai panjang yang sama agar kecepatn gas buang
yang dihasilkan setiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama. Panjang pipa
manifold dan tekukannya mempengaruhi performa pada RPM tertentu. Pada beberapa
kasus, manifold header juga bias dilapisi bahan keramik untuk mereduksi panas.
Konfigurasi yang digunakan biasanya adalah 4:1 (empat pipa manifold masuk
menjadi 1 bagian pada pia pembuangan) atau 4:2:1 (empat pipa manifold menjadi
dua bagian terpisah dan kembali menjadi satu bagian pada pipa pembuangan
Header knalpot
adalah sebagian komponen otomotif yang
dirancang untuk meningkatkan performa kendaraan.Keuntungan
kecil di kinerja difasilitasi oleh knalpot header penting untuk driver,kinerja
tinggi membuat para modifikasi inginkan kendaraan mereka memaxsimalkan
kecepatan.Modifikasi ini termasuk instalasi ventilasi asupan lebih besar untuk
mesin.Header knalpot memodifikasi sistem pembuangan untuk mencegah kembali
tekanan, yang berarti bahwa silinder tidak perlu bekerja keras untuk mendorong
knalpot keluar seperti yang mereka lakukan dalam sistem tradisional. Ada
berbagai jenis knalpot header tergantung pada kebutuhan driver, dengan beberapa
menantikan untuk kinerja rendah dan lain-lain ditujukan pada kinerja tinggi di
jalan terbuka.
Dalam sistem pembuangan
konvensional, setelah membakar silinder, mereka mendorong gas buang keluar ke
knalpot manifold , yang rute pembuangan keluar dari kendaraan melalui pipa
knalpot . Namun, exhaust manifold
bisa membuat tekanan balik yang mendorong terhadap silinder, yang berarti bahwa
ia harus mengerahkan lebih banyak energi untuk mendorong gas buang keluar dan
mempersiapkan penembakan berikutnya.Akibatnya, efisiensi beberapa bisa hilang.
Sebuah karya header knalpot berbeda, pada dasarnya membuat miniatur knalpot
untuk setiap silinder dan routing pembuangan ke kolektor terpusat yang jauh
lebih besar.Pipa-pipa dari header knalpot yang bengkok agar sesuai di bawah
tenda dan dipotong panjang yang sama sehingga gas buang akan tiba secara
berurutan di kolektor karena setiap kebakaran Contoh HEADER produksi kami adalah sebagai berikut:
Materian/bahan pipa ada yang stenlos ada juga yang galvanis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar