Selasa, 19 Maret 2013

Fungsi Header/Manipol

Tulisan ini di copy  dari berbagai sumber.



Manifold atau header adalah bagian ini adalah bagian yang menempel pada silinder head. Tugas utamanya adalah mengoptimasi kecepatan aliran gas buang. Semakin lancer dan cepat, maka kemungkinan peningkatan tenaga dan performa makin besar. Karena itulah para engine tuner memasukan header custom sebagai salah satu syarat utama agar performa mesin bias naik. Masing-masing jalur pipa di-design sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara secara smooth dan lancar agar mengurangi penahanan flow. Diameter pipa juga bias disesuaikan dengan karakter dan kapasitas mesin yang diinginkan. Prinsipnya, setiap pipa manifold harus mempunyai panjang yang sama agar kecepatn gas buang yang dihasilkan setiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama. Panjang pipa manifold dan tekukannya mempengaruhi performa pada RPM tertentu. Pada beberapa kasus, manifold header juga bias dilapisi bahan keramik untuk mereduksi panas. Konfigurasi yang digunakan biasanya adalah 4:1 (empat pipa manifold masuk menjadi 1 bagian pada pia pembuangan) atau 4:2:1 (empat pipa manifold menjadi dua bagian terpisah dan kembali menjadi satu bagian pada pipa pembuangan
Header knalpot adalah sebagian  komponen otomotif yang dirancang untuk meningkatkan performa kendaraan.Keuntungan kecil di kinerja difasilitasi oleh knalpot header penting untuk driver,kinerja tinggi membuat para modifikasi inginkan kendaraan mereka memaxsimalkan kecepatan.Modifikasi ini termasuk instalasi ventilasi asupan lebih besar untuk mesin.Header knalpot memodifikasi sistem pembuangan untuk mencegah kembali tekanan, yang berarti bahwa silinder tidak perlu bekerja keras untuk mendorong knalpot keluar seperti yang mereka lakukan dalam sistem tradisional. Ada berbagai jenis knalpot header tergantung pada kebutuhan driver, dengan beberapa menantikan untuk kinerja rendah dan lain-lain ditujukan pada kinerja tinggi di jalan terbuka.
Dalam sistem pembuangan konvensional, setelah membakar silinder, mereka mendorong gas buang keluar ke knalpot manifold , yang rute pembuangan keluar dari kendaraan melalui pipa knalpot .   Namun, exhaust manifold bisa membuat tekanan balik yang mendorong terhadap silinder, yang berarti bahwa ia harus mengerahkan lebih banyak energi untuk mendorong gas buang keluar dan mempersiapkan penembakan berikutnya.Akibatnya, efisiensi beberapa bisa hilang. Sebuah karya header knalpot berbeda, pada dasarnya membuat miniatur knalpot untuk setiap silinder dan routing pembuangan ke kolektor terpusat yang jauh lebih besar.Pipa-pipa dari header knalpot yang bengkok agar sesuai di bawah tenda dan dipotong panjang yang sama sehingga gas buang akan tiba secara berurutan di kolektor karena setiap kebakaran 

Contoh HEADER produksi kami adalah sebagai berikut:
Materian/bahan pipa ada yang stenlos ada juga yang galvanis
 







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar