Minggu, 31 Maret 2013

SEJARAH KNALPOT PURBALINGGA

Bagi anda pecinta otomotif, segeralah berkunjung ke Purbalingga. Terletak di Jawa Tengah dan hanya sekitar 1 jam dari Purwokerto Anda temukan kegiatan masyarakat kelas menengah, Pengrajin Knalpot. Berbagai jenis knalpot tersedia disini, dari mobil, motor, aneka racing hingga variasi lainnya yang berbahan dari karet.

Menjuarai seluruh Jawa, dikenal di wilayah nusantara dan dilirik pengusaha asing sudah menjadi hal yang biasa. Kualitasnya dapat ditandingi dengan produk pabrik yang original. Bahan dasar knalpot dipakai menggunakan pelat yang berkualitas. Adapun terbagi menjadi plat stainless, galvanis, dan biasa.

Menurut sejarahnya, usaha knalpot ini diciptakan oleh seorang pengusaha di Purbalingga krenceng atau dandang yang berbahan kuningan, Hasan Yusuf, 85 tahun. Namun, karena mengalami kerugian yang besar, ia beralih  membuat knalpot pada kendaraan di zaman itu, sekitar tahun 1970-an di Jakarta.

Berawal dari menitip knalpot pada beberapa toko onderdil saja. Usaha kerasnya menghasilkan ide kreatif hingga saat ini. Sekitar 1980-an seorang kakek ini mampu membeli tanah dan mendirikan bengkel yang besar Jakarta Timur. Hingga membuka cabang banyak yang dikelola oleh anak-anaknya.

Dahulu ketika selagi  berjaya hampir setiap orang kampungnya ditarik dan diajarkan olehnya cara membuat,  memasang hingga memasarkannya. Sampai pada saat itu, ia pernah dijumpai seorang pengusaha China untuk bergabung dalam perusahaan otomotifnya, dan ditolak secara mentah-mentah.

 Pusat industri knalpot berada di daerah kembaran kulon tepatnya di sayangan, namun seiring dengan semakin banyaknya karyawan yang mampu membuat knalpot pada akhirnya mereka membuat sendiri sehingga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Daerah yang menjadi sentra industri antaralain wilayah kecamatan Bojongsari yaitu Peniron. Peniron adalah sebuah kampung yang baru berkembang setelah adanya infrastruktur, setelah adanya infrastruktur berupa jembatan yang menghubungkan Peniron dan kecamatan Purbalingg kota, banyak industri yang berkembang, termasuk industri knalpot ini. Di daerah Peniron inilah kemudian Pemasaran knalpot mulai dikembangkan secara online sehingga bisa menjangkau keseluruh wilayah Indonesia. Salah satu penggagas penjualan knalpot secara online adalah  Seorang Pemuda yang bernama Wily.
Wily mengembangkan usaha pemasaran knalpot online dengan memberikan layanan yang sangat memuaskan konsumennya berani memberikan garansi  apabila knalpot memgalami kebocoran yang diakibatkan oleh proses produksi. Dalam pemasaran onlinenya ternyata tidak semua orang bisa percaya dengan penjualan online, untuk wilayah JABODETABEK, Wily bekerjasama dengan kakaknya yang tinggal di depok untuk melayani permintaan knalpot khususnya mereka yang belum bisa percaya jual beli online, karena berbagai sebab. Penjualan online yang di depok melayani COD (cash on Delivery) yaitu proses jual beli dimana pembeli cukup menunggu dirumah sementara barang di anter ke rumah dan pembayaranya dilakukan pada saat serah terima knalpot.
Bagi anda yang berada di wilayah jabodetabek anda bisa menghubungi 081380142459 atau PIN BB 2a48ca8d, sedangkan untuk wilayah lainya bisa secara online. Apabila ada konsumen yang merasa keberatan dengan ongkos kirim, maka kami bisa memberikan alternatif untuk ekspedisi murah, khususnya wilayah luar jawa.



Sebagai  bentuk penghargaan kepada para pengrajin knalpot,  Pemerintah daerah Kabupaten Purbalingga , membuat dan  dipasangkan simbol knalpot yang sangat besar dan seringkali mengikuti event-event besar, PRJ tiap tahunnya. Dan kini Pesayangan, lokasi kakek itu lahir, dijadikan pusat industri besar knalpot. Tak akan bosan melihat pesona di dunia otomatif tersebut. Pesayanganpun dibuatkan sebuah patung yang sedang memahat knalpot.

contoh produk kami adalah sebagai berikut












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar